Libur Telah Tiba


Libur telah tiba... Libur telah tiba... Horai... Horai... Horai (horai...)
Simpanlah tas dan buku mu...
Lupakan keluh kesah mu..

Eits... ada yang baca ini sambil nyanyi?
kalau iya berarti kalian seharusnya sudah cukup dewasa sekarang :D

Apa sih aktivitas liburan mu?

Sudah di mulai belum daftar agenda liburanmu?
atau jangan-jangan ada yang masih bingung mau ngapain diliburan kali ini?

Liburan akhir semester merupakan salah satu momen libur yang dinantikan. Entah itu bagi siswa ataupun bagi mahasiswa. Apapun itu aktivitas liburanmu, jangan lupa untuk selalu memanfaatkan waktu liburan ini untuk hal positif ya.. jangan yang aneh-aneh, jangan deh sekali-kali mendekati hal-hal yang nantinya membuat kalian menyesal.. seperti mendadak jadi anggota kaum rebahan misalnya.. sayang kan waktu luang kalau hanya untuk bermalas-malasan.. kalau sekali dua kali oke lah. Sebagai bentuk memanjakan diri sejenak dari perjuangan selama UAS kemarin.

Ada beberapa tips nih untuk membuat liburan kalian lebih bermakna..
Check it out guys..

·         Buat daftar kegiatan
Ini hal penting yang dilakukan sebelum atau saat liburan. Tulis agenda apa yang akan kamu lakukan atau pun target apa yang harus kamu capai selama liburan ini. Kan kosong banget ya kalau ada waktu yang lumayan lama tapi kalian malah tidak tahu harus berbuat apa, mau apa, dan tanpa arah dan tujuan yang jelas.. celong banget kayaknya..
Jangan sampai hal itu terjadi ya..
Start dari sekarang deh.
Cepetan ambil alat tulis atau pun smartphone kalian, buka sticky notes ataupun lainnya yang akan kalian gunakan untuk menuliskan agenda kalian.
Sudah?
coba mulai dipikirkan.. target kalian atau rencana kalian apa sih?
Misal menyelesaikan baca buku tertentu, menjelajah tempat tertentu, atau apapun itu...
Buat poin deh, satu... dua... tiga... dst.
Jika diperlukan juga, share hal tersebut ke sahabat kalian. Biar bisa saling mengingatkan target kalian selama liburan... alhasil target tidak sekedar target yang menguap begitu saja tanpa hasil..

·         Manjakan diri setelah perjuangan keras selama UAS
Memanjaan diri menjadi anggota kaum rebahan boleh?
boleh saja... silahkan.. itu hak kalian..
Tapi ingat, hal itu tidak berarti full selama liburan selalu jadi aktivis rebahan juga kali ya..
Jika demikian yang ada nanti saatnya berangkat sekolah, teman-temanmu tidak mengenalimu karena BB yang melonjak naik dan alhasil harus beli seragam baru karena yang lama sudah tidak muat..
Menjadi kaum rebahan seperti yang sudah dibahas seklias sebelumnya boleh saja tapi mungkin cukup sehari dua hari saja di awal liburan. Sekaligus mengembalikan mood dan energi untuk sederet aktivitas liburanmu.

·         Manfaatkan waktu untuk menekuni hobi
Kalian memiliki hobi tetentu?
Namanya juga hobi. Pasti kalian akan dengan senang hati dan suka cita untuk melakukannya. Benar kan?
SIapa sih yang tidak suka melakukan hobinya sendiri?
Nah.. liburan ini adalah waktu yang sangat tepat untuk melakukannya. 
Bagi yang hobi olahraga pas banget kan teman-teman lain juga libur jadi memiliki waktu yang lebih fleksible untuk janjian olahraga bersama.
Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai hobi kalian merepotkan orang lain.
Maksudnya?
Jadi begini, bagi kalian yang hobi jalan-jalan, traveling atau kulineran seperti acara-acara di TV itu kalian seharusnya sudah nabung dulu jauh-jauh hari. Sisihkan jatah jajan kalian untuk rencana liburan. Jangan sampai ya liburan, traveling, kulineran, update di medos instagram, twitter, facebook, dll tapi ternyata sebelumnya minta uang ke orang tua.. maksa pula...
Duh.. egak banget lah yang seperti ini.

·         Lebih berbakti pada ortu
Nah ini nih bagi yang mungkin belum tahu dan belum ada agenda liburan, aktivitas ini juga bisa lho mengisi waktu liburanmu plus sekalian menambah pundi-pundi pahala.
Bagaimana tidak? Bukankah berbakti pada orang tua itu wajib? Ridho Alloh ada pada ridho orang tua kan? Siip...
Bagi yang orang tuanya ada kegiatan atau aktivitas rutin harian dan memungkinkan kalian berkecimpung membantunya secara langsung, tunggu apa lagi?
Dan bagi kalian yang tidak memungkinkan melakukan hal tersebut karena satu dan lain hal, maka bantu beres-beres rumah sehari-hari kan juga tidak kalah oke. Dengan melakukan hal-hal tersebut juga sekaligus meningkatkan family time kalian. Terutama bagi anak kos, asrama, pondok, dll bukankah saat-saat bersama orang tua dan saudara adalah suatu hal yang sangat dinantikan?

·         Jangan lupa siapkan keperluan sekolah
Ketika kalian menyiapkan daftar kegiatan liburan, jangan lupa cantumkan juga kegiatan untuk menyiapkan keperluan sekolah. Jangan sampai saat mulai masuk sekolah lagi nantinya kalian baru ribut deh..
“Duh topi ku di mana ya?”
“Buku baru belum beli. Bolpoin entah pada dimana”
“Baju seragam belum di cuci” kalau ini kebangetan banget ya :D
Ya intinya, siapkan keperluan alat tulis dan semua pernak-perniknya untuk menyambut semester baru. Dan yang terpenting, siapkan semangat. Buat target baru juga di semester depan ya. Biar lebih greget dan semangat. Jangan sampai males-malesan mau mulai hari pertama di semester depan.


Sudah baca sampai sini ya, berarti sudah mulai terbayang dong apa yang akan kalian lakukan di liburan semester kali ini?
Semoga liburan kali ini menyenangkan ya..
Have a nice holiday ^_^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbicara Tanpa Mendengar

International Perspective on Developing Method to Uncover Psychological Phenomena of Learning Mathematics