EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WATES
Eny Sulistyaningsih
Universitas
Negeri Yogyakarta
Abstrak
Penelitian ini
bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan
kontekstual ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika dan sikap
tanggung jawab siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wates.
Metode dalam
peneltian ini adalah quasi experiment
dengan desain penelitian pre-test
post-test group design. Populasi
penelitian seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wates. Sampel digunakan adalah
kelas VIIE yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan
kontekstual dan kelas VIID yang mendapatkan perlakuan pembelajaran kooperatif
tipe TPS dengan pendekatan kontekstual. Instrumen dalam penelitian ini adalah
instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari soal
pre-test dan post-test dan instrumen non tes berupa angket awal sikap tanggung
jawab dan angket akhir sikap tanggung jawab serta lembar observasi untuk
mengamati keterlaksanaan pembelajaran.
Hasil penelitian sebagai
berikut: (1) pembelajaran menggunakan metode kooperatif NHT dengan pendekatan
kontekstual efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, (2) pembelajaran
menggunakan metode kooperatif NHT dengan pendekatan kontekstual efektif
ditinjau dari sikap tanggung jawab, (3) pembelajaran menggunakan metode
kooperatif TPS dengan pendekatan kontekstual efektif ditinjau dari kemampuan
pemecahan masalah, (4) pembelajaran menggunakan metode kooperatif tipe TPS
dengan pendekatan kontekstual efektif ditinjau dari sikap tanggung jawab, (5)
pembelajaran menggunakan metode kooperatif NHT dengan pendekatan kontekstual
lebih efektif dibandingkan pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan
kontekstual ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, (6) pembelajaran
menggunakan metode kooperatif NHT dengan pendekatan kontekstual lebih efektif
dibandingkan pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan kontekstual
ditinjau dari sikap tanggung jawab.
Kata kunci: Pembelajaran
kooperatif, pendekatan kontekstual, pemecahan masalah, sikap tanggung jawab
Komentar
Posting Komentar