EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WATES


Eny Sulistyaningsih
Universitas Negeri Yogyakarta

Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan kontekstual ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika dan sikap tanggung jawab siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wates.
Metode dalam peneltian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pre-test post-test group design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wates. Sampel digunakan adalah kelas VIIE yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan kontekstual dan kelas VIID yang mendapatkan perlakuan pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan kontekstual. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari soal pre-test dan post-test dan instrumen non tes berupa angket awal sikap tanggung jawab dan angket akhir sikap tanggung jawab serta lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran.
Hasil penelitian sebagai berikut: (1) pembelajaran menggunakan metode kooperatif NHT dengan pendekatan kontekstual efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, (2) pembelajaran menggunakan metode kooperatif NHT dengan pendekatan kontekstual efektif ditinjau dari sikap tanggung jawab, (3) pembelajaran menggunakan metode kooperatif TPS dengan pendekatan kontekstual efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, (4) pembelajaran menggunakan metode kooperatif tipe TPS dengan pendekatan kontekstual efektif ditinjau dari sikap tanggung jawab, (5) pembelajaran menggunakan metode kooperatif NHT dengan pendekatan kontekstual lebih efektif dibandingkan pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan kontekstual ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, (6) pembelajaran menggunakan metode kooperatif NHT dengan pendekatan kontekstual lebih efektif dibandingkan pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan kontekstual ditinjau dari sikap tanggung jawab.

Kata kunci: Pembelajaran kooperatif, pendekatan kontekstual, pemecahan masalah, sikap tanggung jawab

Komentar

Postingan populer dari blog ini

International Perspective on Developing Method to Uncover Psychological Phenomena of Learning Mathematics

Freelance, why not?

DIRGAHAYU INDONESIA (Makna Kemerdekaan Untuk Semua)