ANALISIS PEMANFAATAN SMARTPHONE DALAM MENDUKUNG PROSES BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA (S1) UNY
Eny Sulistyaningsih
Mahasiswa Program Studi Pendidikan
Matematika (S2)
Universitas Negeri Yogyakarta
Abstrak
Proses
belajar matematika dapat dilakukan dimana saja, kapan saja dan dengan media apa
saja. Proses belajar matematika seseorang dipengaruhi oleh perkembangan
teknologi saat ini terutama dalam hal media belajar. Salah satu hasil
perkembangan teknologi yang diminati mahasiswa adalah smartphone. Alat elektronik yang memiliki fungsi utama sebagai alat
komunikasi ini semakin berkembang dengan berbagai fitur canggih untuk memenuhi
kebutuhan konsumen, termasuk mahasiswa. Salah satu perkembangan fitur canggih
dalam smartphone adalah dengan adanya
aplikasi-aplikasi khusus yang dapat mendukung proses belajar matematika
mahasiswa khususnya program studi pendidikan matematika. Kenyataan yang sering terjadi
adalah mahasiswa kurang memaksimalkan manfaat smartphone sebagai media pendukung proses belajar matematika. Hasil
penelitian survey ini menunjukkan hasil bahwa mahasiswa program studi
pendidikan matematika (S1) UNY yang memiliki smartphone mencapai 87,62%. Namun, dari siswa yang memiliki smartphone tersebut hanya 85,31% yang
telah menggunakan smartphone sebagai
pendukung pembelajaran matematika. Penggunaan smartphone sebagai pendukung pembelajaran mayoritas adalah browsing dan kalkulator. Selain itu,
aplikasi khusus matematika yang digunakan oleh mahasiswa sebagai pendukung
proses belajar matematika adalah seperti scientific
calculator 55,47%, mathematics
12,40%, Briliant 10,21%, dan
aplikasi-aplikasi matematika lainnya.
Kata kunci: Smartphone, belajar
matematika, mahasiswa program studi pendidikan matematika
selengkapnya:
Komentar
Posting Komentar