ANALISIS PEMANFAATAN SMARTPHONE DALAM MENDUKUNG PROSES BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA (S1) UNY




Eny Sulistyaningsih
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Universitas Negeri Yogyakarta

Abstrak

Proses belajar matematika dapat dilakukan dimana saja, kapan saja dan dengan media apa saja. Proses belajar matematika seseorang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi saat ini terutama dalam hal media belajar. Salah satu hasil perkembangan teknologi yang diminati mahasiswa adalah smartphone. Alat elektronik yang memiliki fungsi utama sebagai alat komunikasi ini semakin berkembang dengan berbagai fitur canggih untuk memenuhi kebutuhan konsumen, termasuk mahasiswa. Salah satu perkembangan fitur canggih dalam smartphone adalah dengan adanya aplikasi-aplikasi khusus yang dapat mendukung proses belajar matematika mahasiswa khususnya program studi pendidikan matematika. Kenyataan yang sering terjadi adalah mahasiswa kurang memaksimalkan manfaat smartphone sebagai media pendukung proses belajar matematika. Hasil penelitian survey ini menunjukkan hasil bahwa mahasiswa program studi pendidikan matematika (S1) UNY yang memiliki smartphone mencapai 87,62%. Namun, dari siswa yang memiliki smartphone tersebut hanya 85,31% yang telah menggunakan smartphone sebagai pendukung pembelajaran matematika. Penggunaan smartphone sebagai pendukung pembelajaran mayoritas adalah browsing dan kalkulator. Selain itu, aplikasi khusus matematika yang digunakan oleh mahasiswa sebagai pendukung proses belajar matematika adalah seperti scientific calculator 55,47%, mathematics 12,40%, Briliant 10,21%, dan aplikasi-aplikasi matematika lainnya.


Kata kunci: Smartphone, belajar matematika, mahasiswa program studi pendidikan matematika

selengkapnya:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

International Perspective on Developing Method to Uncover Psychological Phenomena of Learning Mathematics

Freelance, why not?

DIRGAHAYU INDONESIA (Makna Kemerdekaan Untuk Semua)