The Effort to Increase the Student’s Motivation
in Mathematics Learning with Some Teaching Aids
in Junior High School 5 Wates, Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia
By: Marsigit *) & Ida Supadmi %)
Unsur-unsur psikologi yang tercantum
Direview oleh Eny Sulistyaningsih
Banyak siswa yang menganggap matematika adalah suatu pelajaran yang menakutkan, susah, dan selalu identik dengan rumus-rumus absatrak yang idak teraplikasikan dalam kehidupan nyata. Anggapan-anggapan tersebut secara langsung ataupun tidak langsung telah memberikan suatu paradigma/pemikiran baru pada siswa sehingga mereka tidak berminat serta memiliki motivasi yang rendah untuk mempelajari matematika. Sebenarnya anggapan bahwa matematika sulit dijumpai dalam kehidupan nyata merupakan suatu anggapan yang salah, karena matematika ada dalam kehidupan sehari-hari dan bisa dijumpai di berbagai kegiatan.
Untuk meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam mempelajari matematika dibutuhkan peran seorang pendidik yang tidak hanya pintar dan menguasai materi matematika dengan baik tetapi juga seorang pendidik yang kreatif dan bisa sebagai motivator bagi siswanya untuk mempelajari matematika.
Pembelajaran matematika yang masih menggunakan metode tradisional, seorang pendidik menjelaskan materi dan siswanya hanya mencatat, mengerjakan soal, merupakan suatu pembelajaran yang dapat menurunkan motivasi siswa, karena mereka merasa jenuh dan tidak mendapat kesempatan untuk mengembangkan kemampuan mereka. Maka dari itu, diperlukan suatu metode baru untuk menigkatkan motivasi dan semangat mereka. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memberikan metode pembelajaran yang baru, yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa, seperti media papan paku, dan kartu. Dengan adanya media pembelajaran tersebut, siswa menjadi lebih aktif dan lebih mengerti serta memahami aplikasi matematika dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kebosanan dalam mempelajari matematika dapat teratasi dan semangat belajar para siswa dapat selalu ditingkatkan. Namun, semua itu hanya akan tercapai apabila adanya seorang pendidik yang mampu selalu memberikan metode-metode dan alat pembelajaran yang menarik bagi siswanya.
*) A Mathematics Lecturer of Faculty of Mathematics and Science at State University of Yogyakarta,
Indonesia
%) A Mathematics Teacher of State Junior High School 5 Wates, Kulonprogo, Yogyakarta, Indonesia
Komentar
Posting Komentar